Tips Menentukan Warna Cat Rumah Menurut Fengshui



Sebagaimana kita ketahui bahwa Fengshui merupakan suatu prinsip paduan yang dipercaya oleh sebagian orang dalam pendekorasian rumah. Selain menentukan fengshui arah atau hadap suatu bangunan, pemakaian warna juga bisa menetukan energi yang timbul dalam rumah anda.

Oleh karena itu, bagi anda yang mempercayai fengshui, ada baiknya kalau anda menyimak tips memilih warna cat ruangan yang tepat sesuai fengshui.

Prinsip umum pemilihan warna menurut fengshui adalah penyeimbangan antara warna dominan dan warna pelengkap. Jika Anda memilih warna-warna terang berunsur api pada dinding ruangan, seperti merah misalnya, energi yang timbul akan sangat panas, tidak relaks dan kurang santai. Untuk menyeimbangkannya, Anda bisa tambahkan warna-warna netral atau lembut seperti putih, biru muda, cokelat muda, oranye atau hitam pada aksesoris atau furnitur ruangan supaya energi “panas” yang ditimbulkan warna merah bisa diseimbangkan.
Berikut Contoh Penyeimbangan antara Warna Berunsur Api (Merah) dengan Warna Berunsur Air (Biru dan Hitam). Dengan cara ini, energi ruangan bisa lebih stabil dan nyaman ditempati.

Sementara ruangan yang memiliki terlalu banyak energi api membuat suasana kurang nyaman, menggunakan terlalu banyak warna gelap juga bisa menjadi terlalu dingin, suram dan berenergi negatif. Oleh karena itu sebaiknya selalu seimbangkan unsur gelap dengan unsur warna terang untuk mendapat kenyamanan sempurna dalam ruangan.


Warna biru dan hitam berhubungan dengan energi air. Warna ini menenangkan dan dapat meningkatkan kualitas imajinasi dan pekerjaan kreatif, membuat kita tenang dan rileks, membantu meningkatkan keseriusan dalam meditasi atau do’a dan meningkatkan konsentrasi. Warna biru sendiri bisa membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan privasi.
"Warna Biru Dapat Memberi Efek Tenang dan Menurunkan Tekanan Darah".

Campuran biru dan ungu atau warna Lavender bisa digunakan sebagai desain kamar tidur karena membantu menurunkan tingkat stress dan meningkatkan ketenangan dalam beribadah.
"Warna Lavender Bisa Digunakan Sebagai Desain Kamar Tidur Karena Membantu Menurunkan Tingkat Stress"

Warna Hijau membawa energi kayu atau energi yang membawa semangat kehidupan, merangsang manusia mengambil keputusan yang tepat, dan meningkatkan produktivitas dan aksi. Oleh karena itu warna ini sangat cocok untuk diterapkan di perkantoran atau ruang belajar.

Sedangkan campuran biru dan hijau atau Turquoise, yang membawa energi kayu dan air, sangat cocok digunakan untuk warna kamar anak karena diyakini dapat meningkatkan kualitas tumbuh kembangnya baik secara spiritual kepada Tuhan maupun dalam belajar.

Warna merah merupakan warna yang berasosiasi dengan api dan dipercaya mampu meningkatkan energi positif bagi manusia. Warna merah dapat meningkatkan detak jantung dan melancarkan tekanan darah, meningkatkan tenaga dalam beraktivitas serta mengurangi depresi. Jika digunakan pada ruang makan, akan meningkatkan nafsu makan dan jika diterapkan di kamar tidur dapat meningkatkan cinta dan kasih sayang antar pasangan.

Berhubung terlalu banyak warna merah bisa membuat energi yang keluar terlalu “panas” dan kurang relaks, terdapat campuran warna merah oranye atau kuning oranye yang serupa dengan warna daging ikan salmon. Warna ini mampu menampilkan keseimbangan antara unsur bumi dan api yang dapat meningkatkan perasaan rileks dan berkecukupan, meningkatkan kualitas pembicaraan dan meningkatkan hubungan. Sangat pas digunakan sebagai warna ruang tamu.

Warna Kuning berhubungan dengan energi bumi yang bisa memberi suasana kegembiraan, harapan dan meningkatkan kualitas mental menjadi lebih positif, stabil dan terpelihara. Warna ini dianggap mampu meningkatkan konsentrasi pada anak-anak yang menderita dyslexia atau disfungsi kemampuan belajar.


Warna Cat Rumah Putih dan Abu-Abu Metalik. Warna ini berhubungan dengan energi metal yang dipercaya dapat meningkatkan fokus, kehati-hatian dan kesucian hati. Cocok juga diterapkan sebagai cat interior ruang kerja.


Dapatkan juga info Rumah Dijual di Bali
Sumber : Rumahku

DMCA.comTerimakasih telah membaca “Tips Menentukan Warna Cat Rumah Menurut Fengshui”. Silahkan bagikan artikel / foto / video diatas ke teman-teman Anda dengan mengklik tombol Like, Send, Tweet atau G+. Dan jangan lupa ya berkunjung lagi kesini...
Sebarkan Bookmark and Share

0 komentar pada artikel tentang: Tips Menentukan Warna Cat Rumah Menurut Fengshui

Posting Komentar